Gubernur Sutarmidji Ingatkan Para Atlet Junjung Sportivitas saat Buka Popda Kalbar 2023

Gubernur Sutarmidji Ingatkan Para Atlet Junjung Sportivitas saat Buka Popda Kalbar 2023

Borneo Nusantara NewsPontianak, Dalam rangka Pembukaan  Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Kalbar Tahun 2023, Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum., Menjadi Inspektur Upacara dengan diikuti Kontingen Kab/Kota seluruh Kalimantan Barat di Halaman Kantor Gubernur Kalbar, Kamis (15/6).


Melalui amanatnya, Gubernur mengajak para atlet pelajar untuk menjadikan ajang momen ini (POPDA) sebagai media penunjang keberhasilan dalam meniti karir dalam olahraga maupun seni.


"Saya ingin adek-adek (atlet pelajar) menerapkan beberapa indikator keberhasilan yakni yang utama kejujuran, jujur itu harus ditanamkan pada diri kalian, jadi integritas harus selalu dijaga seperti yang diucapkan janji atlet dan janji wasit," ajak Gubernur.


Terkait janji wasit, Gubernur berharap keputusan yang diberikan dalam setiap pertandingan harus adil tanpa ada yang mempengaruhi.


"Saya berharap wasit harus memberikan keputusan yang adil, jangan ada sedikitpun hal hal yang mempengaruhi penilaian bagian dari pertandingan, tidak boleh ada unsur subjektivitas dalam kompetisi. Panitia harus memperhatikan dan melihat kalau ada protes lakukan evaluasi, karena kita ingin menghasilkan prestasi yang menjunjung tinggi sportivitas," harapnya di depan para kontingen POPDA Kalbar.


Selanjutnya dirinya menambahkan hal-hal yang termasuk dalam indikator keberhasilan yakni yang kedua disiplin, ketiga dukungan orang terdekat dan keempat skill/kemampuan.


"Kedua disiplin yang harus ditanamkan oleh setiap anak muda terutama pada atlet, tanpa disiplin percuma kalian mengikuti pertandingan walaupun menang tidak akan lama bertahan. Yang ketiga dukungan orang terdekat, itu semua menjadi indikator sukses seseorang. Keempat baru skill atau kemampuan. Kemampuan itu nomor empat jangan dibalik jujur jadi pertama, ini bukan indikator yang seenaknya ditetapkan tapi telah diuji," jelasnya.


Para atlet pelajar yang telah terjun ke dunia olahraga, diharapkan dapat menekuni dengan serius agar dapat berprestasi dibidangnya.


"Spesialisasi itu penting, jangan dianggap semuanya biasa saja, kedepan ilmu pengetahuan akan semakin spesialis. Makanya tekuni olahraga yang kalian senangi, jangan semuanya serba sedikit atau tidak sampai puncak," ujarnya.


Selain itu, Gubernur mengingatkan para atlet untuk selalu menjunjung tinggi sportivitas ketika bertanding, karena hal tersebut merupakan suatu keberhasilan.


"Beberapa juara dunia dari Kalbar ketika saya berbicara sekalipun mereka merasa diperlakukan tidak adil tetapi tetap menjunjung tinggi sportivtas. Saya harap jangan ada yang berkelahi kalau ada dua duanya didiskualifikasi untuk mencapai sportifitas harus tegas, segala sesuatu sudah ada etiknya dan aturan. Wasit jangan pernah menjadi sumber kegaduhan dalam setiap kompetisi," harap Gubernur dalam hal menjunjung tinggi sportivitas.


Usai memberikan amanat, Gubernur dengan didampingi Sekretaris Daerah Provinsi Kalbar, dr. Harisson, M.Kes., beserta para Forkopimda Kalbar dengan disaksikan oleh Mitra Kerja Pemprov. Kalbar dan beberapa Kepala Perangkat Daerah Kalbar menekan tombol sebagai tanda POPDA Kalbar Tahun 2023 resmi dibuka.


Masih dalam rangkaian Pembukaan POPDA Kalbar, Gubernur bersama Sekda dan Forkopimda Kalbar menyerahkan Penghargaan Apresiasi kepada para atlet asal Kalbar yang telah berhasil menjuarai ajang nasional. (As)


Related

olahraga 4144853248451022129

Opini Coach Addie

Hakikat Rasa Sakit

Keputusan yang bijak adalah mengasah kebijaksanaan dalam menghadapi setiap lelah, rasa sakit, gelisah, kesedihan, luka lara, patah hati, dan...


Banyak Dibaca

item