Pesan Wali Kota Pontianak pada 33 Anggota Paskibraka saat Pengukuhan

Pengukuhan anggota paskibraka 2022

BORNEO NUSANTARA NEWS - Pontianak, Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, mengukuhkan sebanyak 33 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Pontianak Tahun 2022 di Aula Rumah Jabat Wali Kota, Senin (15/8) malam.

Wali Kota Pontianak menjelaskan, banyak proses yang telah dilalui sebelum akhirnya resmi dikukuhkan, mulai dari seleksi ketat, pelatihan hingga pendidikan.

"Selamat bagi putra putri terbaik Kota Pontianak, kalian telah melalui banyak tahapan, tujuannya untuk memantapkan ketahanan fisik maupun kesiapan mental, demi persiapan menjalankan tugas penting yaitu pengibaran dan penurunan bendera merah putih," ungkap Edi usai pengukuhan secara resmi.

Selain ketahanan fisik, Edi menilai kesiapan mental dari setiap pengibar sama pentingnya. Hal tersebut agar terbentuk karakter dan moral yang kuat dari seluruh pengibar. 

"Semua itu agar pengibaran dan penurunan bisa berjalan dengan khidmat dan sukses," ujar Edi.

Beberapa rangkaian pengukuhan diawali dengan prosesi mencium bendera merah putih. Edi mengingatkan, misi Paskibraka tak boleh terhenti sampai peringatan Hari Jadi Kemerdekaan ke-77 saja, namun juga tertanam jiwa nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan sehari-hari.

"Sebagaimana tema HUT ke-77 RI, pulih lebih cepat bangkit lebih kuat sehingga mampu memberikan energi positif dan menjadi contoh bagi generasi muda," imbuhnya.

Edi turut mengucapkan rasa terima kasih kepada dukungan banyak pihak yang terlibat, khususnya para orang tua. Lewat dorongan moril keluarga, setiap pengibar mampu menjalankan prosesi dengan disiplin.

"Pesan saya tanamlah jiwa nasionalisme dan patriotisme serta lanjutkan cita-cita para pendiri bangsa, emban amanah yang telah diberikan keluarga, masyarakat maupun negara," tutupnya. (ZN)

Related

regional 7832903660209261028

Opini Coach Addie

Hakikat Rasa Sakit

Keputusan yang bijak adalah mengasah kebijaksanaan dalam menghadapi setiap lelah, rasa sakit, gelisah, kesedihan, luka lara, patah hati, dan...


Banyak Dibaca

item