Negara Cabut Subsidi Migor, Adi Supriadi: Jokowi Gagal Melawan Mafia Minyak Goreng

Negara Cabut Subsidi Migor, Adi Supriadi: Jokowi Gagal Melawan Mafia Minyak Goreng


Borneo Nusantara News - Analis dan Pengamat Maslaah Sosial Politik Keagamaan, Adi Supriadi melihat bahwa kebiasaan Pengelola Negara ‘menyesatkan ‘ cara berfikir masyarakat semakin terus menjadi-jadi, kali ini mengenai dicabutnya Subsidi Minyak Goreng, Sedari awal memang subsidi bukanlah solusi strategis, solusi ini hanya lebih kepada meredam gejolak rakyat akibat krisis minyak goreng di tanah air. Hal ini disampaikannya dalam ketererangan tertulis kepada Media. 

“Ketika Minyak goreng langka dan mahal, akibat dari mafia ekspor minyak goreng, lalu pemerintah mencari solusi dengan menangkap aktor mafia minyak goreng dengan status tersangka hasil bisikan di belakang Mendag saat rapat dengan DPR, tapi belum menutup masalah gejolak, kekhawatiran Jokowi tumbang akibat minyak goreng, dibuatlah solusi taktis yang sudah biasa dilakukan sebelum-sebelumnya yaitu Subsidi atau Bansos Minyak Goreng, Gejolak rakyat lumayan melandai “ Papar Adi. 

Adi menjelaskan, program subsidi minyak goreng curah ini diterapkan Pemerintah sejak bulan Maret 2022. Tujuan program ini agar harga minyak goreng curah dapat dikendalikan sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp14.000 per liter atau Rp 15.500 per kilogram (kg). 

Menteri Perindustrian melalui Permenperin No.26 /2022 tertanggal 23 Mei 2022 mencabut program subsidi tersebut.

Dalam Pasal 3 Permenperin No.26 /2022 diatur ketentuan, bahwa Penyediaan Minyak Goreng Curah untuk kebutuhan masyarakat, usaha mikro, dan usaha kecil dalam kerangka pembiayaan BPDPKS dilaksanakan sampai tanggal 31 Mei 2022.

“Alasan Negara bahwa subsidi telah berhasil menekan harga minyak goreng lalu dicabut, kan inti persoalannya bukan soal tekan menekan, otak kemana otak.

Persoalannya adalah Mafia Minyak goreng yang masih menggurita dan yang paling esensial adalah harga minyak goreng di masyarakat kembali ke harga normal itu yang menjadi tugas Negara untuk kendalikan,  Harga asli atau setidaknya jikapun naik misalnya hanya 1000 perak, Anggap yang 14.000 menjadi 15.000, fakta dilapangan kan masih berkisar diangka 24 ribu untuk yang 1 Kg, jadi berhasil menekan yang mana ? Atau Pemerintah yang berhasil ditekan kelompok Oligarki, jika tidak menurut akan ditumbangkan ? “ Tanya Adi Supriadi di Jakarta, Minggu (29/5/2022).

Jurnalis dan Aktivis Penggiat Media Sosial ini kembali menekankan bahwa persoalan Minyak Goreng harus diselesaikan ke akarnya dengan solusi strategis, bukan hasil negosiasi dengan para cukong minyak goreng. Masih terlihat kebijakan-kebijakan yang muncul seperti masih hasil negosiasi dengan para kartel Ekpsor minyak goreng, Pemerintah seperti tidak punya kendali penuh mengurusnya. 

Kalau hanya sekedar dengan solusi taktis subsidi, bansos untuk membuat rakyat diam sambil menunggu isu baru seperti Kasus UAS ditolak Singapura di blow up oleh para Mafia Minyak Goreng di Singapura sehingga isu minyak goreng bisa dihilangkan, terlihat cukup berhasil, dan karena sudah berhasil, Di Duga Negara seperti kembali ke awal lagi, Subsidi dicabut, lalu harga minyak goreng tetap sama sesuai keinginan para cukong Ekspor minyak goreng. 

Menurut data PIHPS (Pusat Informasi Harga Panagan Strategis) Nasional, sampai terbitnya Permenperin terminasi subsidi minyak goreng curah (23/5), rata-rata harga minyak goreng curah secara nasional adalah sebesar Rp. 18.700,- per kilogram dari HET yang sebesar Rp. 15.500,- per kilogram. Di DKI sendiri, sebagai barometer nasional, harga minyak goreng curah masih bertengger di angka Rp. 19.850,- per kilogram. Apalagi di daerah lain, bisa jadi lebih tinggi dari harga DKI Jakarta. 

Dalam hal ini Pemerintah seperti sudah punya anggapan bahwa isu minyak goreng di masyarakat sudah tidak lagi menjadi isu utama dan tidak akan berdampak lagi pada kelangsungan pemerintahan Jokowi, Pemerintah Senang, Cukong Senang rakyat yang tetap menderita. 

“ Subsidi migor, bansos migor, dan penangkapan pelaku ekspor migor diduga  tidak lebih sekedar hanya buat memberikan kepuasan kepada masyarakat untuk menjawab kelangkaan dan mahalnya minyak goreng dan gejolak yang bisa membuat Jokowi tumbang dapat dikendalikan, dan bisa jadi alat untuk melawan opini oposisi, bukan menyelesaikan persaoalan diakarnya bahwa harusnya babat habis mafia minyak goreng, dan kembalikan harga minyak goreng kembali ke harga semula, jikapun ada inflasi misalnya perlu kenaikan tidak lebih dari 10 persen “ Terang Adi Supriadi yang juga Akedemisi Ekonomi Syariah ini menutup keterangan tertulisnya.

Related

artikel 7274553161392961312



Opini Coach Addie

Hakikat Rasa Sakit

Keputusan yang bijak adalah mengasah kebijaksanaan dalam menghadapi setiap lelah, rasa sakit, gelisah, kesedihan, luka lara, patah hati, dan...

Kapolres Barito Selatan & Jajaran

Kapolres Barito Selatan & Jajaran
Klik gambar untuk menonton

Kadis PUPRPKP Kapuas

Kadis PUPRPKP Kapuas
Klik gambar menonton video

PJ Bupati Kab Kapuas

PJ Bupati Kab Kapuas
Klik Gambar untuk Menonton

Banyak Dibaca

Kapolsek Kahayan Kuala


item