Kapolres Barito Utara Resmikan Kampung Bebas Narkoba di Kelurahan Jambu

Kapolres Barito Utara Resmikan Kampung Bebas Narkoba di Kelurahan Jambu


Borneo Nusantara News - Teweh Baru, Satuan Reserse Narkoba Polres Barito Utara, Polda Kalimantan Tengah meresmikan kampung bebas dari narkotika dan obat-obatan terlarang atau narkoba di kelurahan jambu, kecamatan teweh baru, Rabu (13/9/2023).

Dalam peresmian tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Barito Utara AKBP Gede Pasek Muliadnyana SIK MAP didampingi Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Sekda Barito Utara Eveready Noor mewakili Bupati Barito Utara H. Nadalsyah.

Kegiatan peresmian ini juga dirangkaikan dengan Sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). Untuk mewujudkan masyarakat yang jauh dari penyalahgunaan dan peredaran narkoba.

"Peranan kampung bebas narkoba adalah sebagai sarana edukasi, sosialisasi bahaya narkoba serta pemberantasan narkoba dengan mengedepankan keikutsertaan masyarakat," ujar Kapolres Kapolres Barito Utara AKBP Gede Pasek Muliadnyana SIK MAP,Rabu (13/9/2023).

Menurut Gede, dalam mewujudkan Kampung Bebas Narkoba dibutuhkan kepedulian dan peranan dari berbagai unsur, baik pemerintah, swasta, maupun organisasi kemasyarakatan lainnya.

"Perlu adanya sinergitas atau kerjasama seluruh komponen untuk mengambil langkah dalam upaya pencegahan, pemberantasan, dan penyalahgunaan serta peredaran gelap narkotika di wilayah kabupaten barito utara," katanya.

Dikatakan Gede, Peran dari orang tua juga sangat penting untuk memperhatikan dan mengawasi perilaku terhadap anak agar terhindar dari penyalahgunaan narkoba.

"Jangan beri ruang bagi pengedar narkoba di setiap tempat, hindari dan jauhi jangan kenali narkoba untuk disalahgunakan," katanya.

Sementara itu mewakili Bupati Barito Utara, Sekda Barito Utara Eveready Noor, mengucapkan apresiasinya kepada Satuan Reserse Narkoba Polres Barito Utara beserta jajaran dan perangkat, atas kerja keras yang telah dilakukan dalam mengendalikan kasus penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Barito Utara.

“Kampung Bebas Narkoba adalah salah satu upaya dari Program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan serta Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), yang diharapkan dapat meminimalisir kasus-kasus penyalahgunaan narkoba melalui peningkatan kewaspadaan masyarakat dan sinergitas berbagai pihak, sehingga terwujud keamanan dan ketertiban,” ungkapnya.

Eveready Noor berharap peran aktif dari Polres Barito Utara yang dalam hal ini adalah Satuan Reserse Narkotika, Psikotropika dan Obat Berbahaya (Satresnarkoba) agar terus melakukan pemantauan dan pendampingan kepada masyarakat Kampung Bebas Narkoba.

“Peran aktif Satresnarkoba diharapkan tak hanya dapat membersihkan serta membebaskan masyarakat dari narkoba hanya di wilayah ini, tetapi juga mampu di wilayah/kampung yang lain,” ucapnya.

Ia mengimbau kepada perangkat kelurahan Jambu dan warga masyarakatnya untuk terus mendukung penuh proses pencanangan ini dan bersikap kooperatif.

“Karena hal ini dilakukan guna kebaikan kita bersama juga mewujudkan sumber daya manusia Barito Utara yang berkualitas cerdas, sejahtera, dan berbudi luhur,” imbaunya.

Ditempat yang sama, Lurah Jambu, Norhan, S.Pd mengaku senang dengan ditetapkannya Kelurahan Jambu menjadi Kampung Bebas Narkoba oleh Polres Barito Utara.

“Kami dukung penuh Polres Barito Utara yang telah memilih Kelurah Jambu sebagai kampung bebas narkoba. Kami akan berupaya semaksimal mungkin agar Kampung ini benar-benar bebas selamanya dari peredaran maupun penyalahgunaan narkoba,” ujarnya.

Dalam Peresmian Kampung bebas narkoba Jambu, juga dilakukan Penandatanganan deklarasi komitmen pemberantasan narkoba dan pembagian bansos kepada warga setempat.

Selain itu, kegiatan tersebut juga di hadiri oleh para pejabat dan Kapolsek jajaran Polres Barito Utara, Camat Teweh Baru, Lurah Jambu beserta para Kepala Lingkungan dan Ketua RT serta tamu undangan lainnya.(Mirhan)

Related

Mirhan 3615380581293627448

Opini Coach Addie

Hakikat Rasa Sakit

Keputusan yang bijak adalah mengasah kebijaksanaan dalam menghadapi setiap lelah, rasa sakit, gelisah, kesedihan, luka lara, patah hati, dan...


Banyak Dibaca

item