Peringati Hari Bhayangkara ke-77, Polda Kalteng Ajak Masyarakat Ikuti Sejumlah Lomba yang Digelar Polri

Peringati Hari Bhayangkara ke-77, Polda Kalteng Ajak Masyarakat Ikuti Sejumlah Lomba yang Digelar Polri


Borneo Nusantara News - Palangka Raya, Memperingati hari Bhayangkara ke-77, Divisi Humas Polri menggelar sejumlah perlombaan yang dibuka untuk umum.


" Perlombaan tersebut diantaranya, lomba pembuatan konten kreatif yang terdiri dari cerita pendek, video tiktok, infografis dan fotografi," ucap Kabidhumas Polda Kalteng AKBP Erlan Munaji, S.IK., M.Si. mewakili Kapolda Irjen Pol Drs. Nanang Avianto, M.Si.


Kabidhumas mengatakan, bahwa untuk peserta lomba bukan hanya dari kalangan anggota polri saja, tetapi juga untuk masyarakat umum.


"Selain lomba pembuatan konten kreatif, ada juga perlombaan yang diperuntukan untuk insan pers dan mahasiswa yaitu penulisan artikel jurnalistik atau artikel Feature jurnalistik dan wow presisi competition 2023," kata Erlan saat dikonfirmasi, jum'at (2/6/23) pagi.


Erlan menjelaskan, untuk kategori lomba cerpen dibagi menjadi tiga kategori, yakni SD, SMP dan SMA sederajat. Tetapi khusus untuk SD hanya kelas empat (4) sampai kelas enam (6) saja.


Para peserta diminta membuat cerpen yang tidak lebih dari 2.000 kata, dengan tema "Polisi Baik", dengan sub tema "Polisi Sahabatku, Polisi Pahlawanku dan Polisi Idolaku'.


"Isi cerpen harus menggunakan bahasa indonesia, tidak mengandung unsur SARA, pornografi, kekerasan dan politik, dan harus hasil karya sendiei," ucapnya.


Kemudian, lanjut AKBP Erlan Munaji untuk lomba video Tiktok, peserta dibagi menjadi tiga, yakni umum, Polri dan TNI.


Para peserta diminta untuk mengirimkan 1 video berdurasi 60 detik dengan tema 'Bitter-sweet perjalanan polri', dengan sejumlah sub tema yang dapat dipilih diantaranya 'sinergitas TNI-POLRI', 'Layanan masyarakat' hingga 'kampanye pemilu damai'.


"Video yang dikirim harus dengan format mp4, full HD 1080X1920 rasio 9:16, video berbentuk potrait dan hanya boleh menggunakan free copyright musik," ujarnya.


Kemudian, untuk lomba infografis, juga dapat diikuti oleh masyarakat umum dan TNI-POLRI, dengan tema dan sub tema yang sama dengan lomba cerpen.


Hanya saja, karya yang dikirim berupa foto atau gambar dengan resolusi 1080 x 1080 pixel dengan rasio 1:1. Dan untuk hasil karya tersebut diunggah di media sosial pribadi masing-masing dengan tagar "#bittersweetpolri dan mention ke akun Instagram @divisihumaspolri.


Begitu juga dengan lomba fotografi. Dalam lomba ini, peserta bebas dapat menggunakan peralatan apapun dalam pengambilan gambar, hanya saja, gambar yang dikirim minimal beresolusi 2.000 pixel 4MB.


"Peserta juga tidak diperbolehkan menghilangkan atau menambahkan objek di dalam foto serta menambahkan watermark. Peserta hanya diperbolehkan mengedit minor pada gambar, atau seperti crop, brightness, contras dan saturation," jelasnya.


Kemudian, lanjut perwira yang pernah menjabat sebagai Kasubbagopinev Bagpenum Ropenmas Divhumas Polri ini menambahkan, bagi para jurnalis akan ada lomba pembuatan artikel Feature.


Pada lomba tersebut, peserta yang diperbolehkan ikut hanya wartawan yang berasal dari media yang telah terverifikasi oleh dewan pers.


Peserta diminta membuat karya feature dengan tema dan sub tema yang sama pada lomba cerpen. Karya yang dihasilkan harus telah dimuat di media masing-masing.


"Yang terkahir, lomba Wow Case Competition ke-11 yang hanya diperuntukkan bagi mahasiswa. Lomba ini merupakan lomba kelompok terkait proposal bisnis," tuturnya.


Untuk itu, AKBP Erlan Munaji mengajak seluruh masyarakat khususnya kalimantan tengah untuk ikut serta pada lomba tersebut.


Bagi yang berminat, pendaftaran telah dimulai pada 29 Mei 2023 kemarin hingga 15 juni 2023 mendatang. Sedangkan untuk informasi lebih lanjut, masyarakat dapat menghubungi kontak person melalui WhatsApp 0852-1657-7762.


"Atau juga dapat melihat di media sosial divisi humas polri dan datang langsung ke kantor bidhumas polda kalteng, agar mendapat informasi yang lebih lengkap dan rinci," pungkasnya. (Mir&Tim)

Related

Mirhan 8427425039696293415

Opini Coach Addie

Mengalahlah Sampai Menjadi Tak Terkalahkan

Oleh Coach Addie | Adi Supriadi, MM   Mengalah adalah kata yang sering kali dianggap sebagai tanda kelemahan. Banyak orang beranggapan bahwa...



Banyak Dibaca

Kapolsek Kahayan Kuala

P. S. Pandiangan, S.Hut., MM.

Drs. Aswan, M.Si, Kadis Pendidikan Kapuas

Rahmad Jainudin, S.T.

Kadis PUPRKP Kab. Kapuas


Mirhan Korwil Kalteng

Kepala Desa Saka Langun

Kapolsek Rungan


item