Cegah Bencana Kabut Asap, Kapolda Kalteng Ikuti Rakor Penanganan Karhutla Bersama BNPB dan Forkopimda

Cegah Bencana Kabut Asap Kalteng

Borneo Nusantara News - Palangka Raya, Kapolda Kalteng Irjen Pol Drs. Nanang Avianto, M.Si. mengikuti rapat koordinasi (Rakor) kebakaran hutan dan lahan (karhutla) bertempat di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur setempat, Jum'at (16/6/23) siang.


Rakor tersebut dipimpin langsung, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (Ka BNPB) Letjen TNI Suharyanto, S.Sos., M.M. dan dihadiri Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran diwakili Wagub H. Edy Pratowo, S.Sos., M.M. , Pangdam XII/Tanjungpura serta unsur Forkopimda terkait lainnya.


Dalam kesempatan tersebut, kapolda kalteng menyampaikan, bahwa pihaknya telah menyiapkan beberapa langkah strategis dan ribuan personel siap dikerahkan dalam menanggulangi karhutla.


"Kami akan menjamin terselenggaranya pengendalian karhutla di provinsi kalteng secara terintegrasi, berkesinambungan serta masif guna mewujudkan kalteng bebas bencana kabut asap," tegas kapolda.


Nanang juga mengatakan, pihaknya juga sudah menyiapkan langkah-langkah seperti membentuk satgas karhutla yang didukung dengan pengadaan kendaraan taktis (Rantis) khusus secara terpusat, dengan berkolaborasi bersama stakeholder terkait.


Sementara itu, Kabidhumas Polda Kalteng AKBP Erlan Munaji, S.IK., M.Si. menambahkan bahwa selain membentuk satgas karhutla, kami juga akan rutin menggelar patroli di daerah rawan karhutla dan meningkatkan penegakan hukum bagi pelaku pembakaran lahan dengan aturan regulasi yang tegas.


"Diharapkan, dengan terlaksananya rapat koordinasi ini dapat menghasilkan langkah-langkah kongkrit dalam mencegah dan menanggulangi karhutla di Provinsi Kalimantan Tengah," tutupnya. (Mirhan)

Related

Mirhan 4102872723998496956

Opini Coach Addie

Hakikat Rasa Sakit

Keputusan yang bijak adalah mengasah kebijaksanaan dalam menghadapi setiap lelah, rasa sakit, gelisah, kesedihan, luka lara, patah hati, dan...


Banyak Dibaca

item