Kini KTP Dapat Diakses Via Aplikasi Handphone

Borneo Nusantara News

Borneo Nusantara News - Karawang, Civitas akademika didorong agar melakukan transformasi kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) menjadi identitas kependudukan digital (IKD). Oleh karena itu, Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) RI menggelar Dukcapil Goes to Campus bekerjasama dengan kampus Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang.


Hadir Bupati Karawang dr Hj Cellica Nurrachadiana didampingi Sekretaris Dirjen Dukcapil Kemendagri Hani Sopiar Rustam, Plt Kadisdukcapil Jawa Barat, Plt Kadisdukcapil Karawang dan Rektor UBP Prof. Dr Dedi Mulyadi.


Baca Juga : Wakil Bupati Ketapang Menghadiri Rapat Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Tahun 2023


IKD akan menjadi terobosan baru dalam mengoptimalkan layanan dukcapil. Tujuannya untuk memudahkan pelayanan administrasi dukcapil. Dalam sambutannya, Sekretaris Dirjen Dukcapil Kemendagri Hani Sopiar Rustam menyebut IKD pada 2023 ini didorong tercapai 25 persen dari wajib e-KTP sebanyak 21 juta penduduk, dari total penduduk Indonesia sebanyak 277,7 juta orang.


Ada 12 jenis layanan didalam IKD yang nantinya akan dikembangkan. Kemudian juga berbenah dalam penguatan infrastruktur jaringan termasuk siber pengamanan. “Mulai Juni kami berbenah. Di-support langsung bank dunia, yang akan melakukan pembenahan membangun dukcapil ke depan,” ungkapnya.


Baca Juga : Sebanyak 1.312 Calon Bintara Polri Ikut Tes Psikologi di Polda Kalteng


IKD dimasifkan dan nantinya terintegrasi dengan layanan lainnya. Misalnya, untuk mengakses bantuan sosial, Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan termasuk untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.


Sementara itu, bupati mengapresiasi kegiatan Dukcapil Goes to Campus yang bertujuan untuk memperkenalkan, mensosialisasikan sekaligus menerapkan terobosan pemerintah melalui Kemendagri dalam peningkatan pelayanan dokumen kependudukan.


Baca Juga : Kapolda Kalbar Berikan Penghargaan Kepada Personel yang Memperoleh Nilai UKJ Terbaik Semester I T.A 2023


"Sebagai upaya digitalisasi data kependudukan masyarakat, melalui Dukcapil Goes to Campus ini, sosialisasi terkait IKD kami sampaikan," singkatnya.


Inovasi tersebut, jelas Teh Celli, dibuat untuk memberikan kemudahan dalam pengurusan dokumen bagi masyarakat, semoga segera terimplementasi. "Insya Allah semakin mempermudah masyarakat dalam mengakses data kependudukan melalui aplikasi di handphone masing-masing," tutupnya. (As)


Related

berita 5276618372877372621



Opini Coach Addie

Hakikat Rasa Sakit

Keputusan yang bijak adalah mengasah kebijaksanaan dalam menghadapi setiap lelah, rasa sakit, gelisah, kesedihan, luka lara, patah hati, dan...

Kapolres Barito Selatan & Jajaran

Kapolres Barito Selatan & Jajaran
Klik gambar untuk menonton

Kadis PUPRPKP Kapuas

Kadis PUPRPKP Kapuas
Klik gambar menonton video

PJ Bupati Kab Kapuas

PJ Bupati Kab Kapuas
Klik Gambar untuk Menonton

Banyak Dibaca

Kapolsek Kahayan Kuala


item