Ditpolairud Lakukan Edukasi untuk Antisipasi Beredarnya Berita Hoax di Media Sosial Menjelang Pemilu

Borneo nusantara news


Borneo Nusantara News - Sampit, Akhir-akhir ini dunia maya banyak dimunculkan informasi dan berita palsu atau lebih dikenal dengan istilah “hoax” oleh sejumlah oknum yang tidak bertanggungjawab.


Dalam memerangi berita hoax, Ditpolairud Polda Kalteng melalui Kapal Patrolinya dengan nomor lambung XVIII-2005 yang dikomandani Bripka Sunardi memberikan pemahaman kepada warga masyarakat Desa Bengkirai, Kab. Kotawaringin Timur (Kotim) untuk tidak mudah terprovokasi, Senin (15/5).


Selain memberikan pemahaman tentang berita hoax, petugas juga memberikan tips supaya warga bisa membedakan berita hoax atau fakta. Yakni dengan cara berhati-hati dengan judul berita yang bersifat provokatif, cermati alamat situs, pastikan kebenaran dari sumber berita, dan pastikan keaslian gambar.


“Di era teknologi digital saat ini , bukan hanya konten berupa teks yang bisa dimanipulasi, melainkan juga konten lain berupa foto atau video untuk memprovokasi masyarakat,” kata Dirpolairud Polda Kalteng Kombes Pol Boby Pa’ludin Tambunan, S.I.K., M.H.


Boby mengimbau, apabila menjumpai informasi hoax agar pengguna internet bisa melaporkan hoax tersebut melalui sarana yang tersedia di masing-masing media.


“Mari kita ciptakan sitkamtibmas yang aman dan kondusif, serta mendukung program pembangunan nasional menuju masyarakat yang sejahtera melalui suksesnya pemilu tahun 2024 mendatang,” tutupnya. (Mirhan)

Related

Mirhan 6425265031941060335

Opini Coach Addie

Hakikat Rasa Sakit

Keputusan yang bijak adalah mengasah kebijaksanaan dalam menghadapi setiap lelah, rasa sakit, gelisah, kesedihan, luka lara, patah hati, dan...


Banyak Dibaca

item