PT. SBS Gelar Pelatihan dan Pembekalan Budidaya Ikan Lele Bagi Karang Taruna Lingga Desa lingga

 

literasi kalbar

BORNEO NUSANTARA NEWS - Tanjung Enim, Karang Taruna  Desa Lingga  ikuti Pelatihan dan pembekalan budidaya ikan lele guna memberikan kemampuan  Generasi Muda  Mampu Menciptakan peluang Usaha Secara Mandiri  digelar PT. SBS sinergitas dengan Fharjun Farm Group bertempat di Aula Desa Lingga Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim .Selasa (01/11/22)

Hadir dalam pembukaan pelatihan budidaya ikan lele, yang dibuka Yudhi Wibowo SM SDM dan Layanan Umum PT SBS juga hadir Humas/CSR PT. SBS Syahrul Padri, Abdil Musadad, SE konsultan dari Fharjun Farm Group,Kepala desa Lingga yang diwakili Sekdes ibu Desi, Babinkantibmas, Babinsa,dan peserta pelatihan.

Selama pelatihan berlangsung peserta diberikan materi tehnologi budidaya lele sistem kolam terpal dengan metode GWS (Grean water System) oleh Abdil Musadad, SE konsultan Perikanan Fharjun Farm Group ,dalam pelatihan juga meliputi manajemen kualitas air dan persiapan kolam, persiapan penebaran, pemilihan benih, pakan, pengendalian/ pencegahan penyakit dan panen/pasca panen. Adanya pelatihan ini diharapkan dapat menambah wawasan dari materi yang telah disampaikan dan mengaplikasikan langsung dilapangan, sehingga penerima bantuan dapat mempersiapkan kolam budidaya maupun persiapan air dengan baik dan dapat meminimalisir kematian benih diawal pemeliharaan.

Selain mendapatkan pelatihan  juga mendapatkan paket sarana produksi budidaya perikanan yang masing2 paket terdiri dari :

Kolam terpal diameter 2 sebanyak 2 buah,kolam sutiran 1 buah. Bibit lele sejumlah 3000 ekor,pakan starter,pakan lanjutkan serta prebiotik serta dilakukan pengawasan, monitoring dan pembinaaysampai masa panen dari bibit yang di berikan,,

Hal tersebut disampaikan Humas/CSR PT. SBS, Syahrul Padri mengatakan, pelatihan ini merupakan program CSR. PT. SBS dalam mengakomodir permintaan karang taruna desa lingga yang mengajukan proposal pelatihan dan pembekalan budidaya ikan lele. Untuk mengembangkan kemampuan dan skill dengan yang minimal bisa menghasilkan yang maksimal, untuk pengembangan Budidaya Ikan Lele yang diberikan sehingga Karang Taruna punya modal kemampuan, sehingga bisa memberikan nilai yang positif.

Lanjutnya” diharapkan kepada Karang Taruna dapat menyerap ilmu yang telah diberikan untuk dimanfaatkan, disamping menciptakan tenaga serta lapangan kerja, juga bisa menambah penghasilan, untuk kegiatan ini kita datangkan konsultan yang sudah berpengalaman dan punya skill dibidang Budidaya Ikan Lele dan ikan lainnya” imbuhnya.

Diakhir acara pelatihan, dilanjutkan penaburan benih ikan lele dikolam terpal dan sekaligus penyerahan secara simbolis bantuan pakan ikan. (Firman)

Related

regional 2606807967402528378

Opini Coach Addie

Hakikat Rasa Sakit

Keputusan yang bijak adalah mengasah kebijaksanaan dalam menghadapi setiap lelah, rasa sakit, gelisah, kesedihan, luka lara, patah hati, dan...


Banyak Dibaca

item