Polusi Kendaraan Bahayakan Nyawa, Pemda Muara Enim Gelar Uji Emisi Gratis

Polusi Kendaraan Bahayakan Nyawa, Pemda Muara Enim Gelar Uji Emisi Gratis

BORNEO NUSANTARA NEWS - Muara Enim, Pemerintah Kabupaten Muara Enim melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Muara Enim menggelar uji emisi gratis di Halaman Kantor Bupati Muara Enim, Senin (08/08).

Adapun uji emisi perdana dilakukan pada kendaraan dinas Pj. Sekretaris Daerah, H. Riswandar, SH.,MH yang diikuti puluhan kendaraan dinas ataupun pribadi lainnya. 

Didampingi Kepala DLH Kabupaten Muara Enim, Ir. Kurmin, M.Si, Pj.Sekda mengatakan uji emisi gratis ini bertujuan meningkatkan  kesadaran OPD serta masyarakat dalam memeriksa mesin kendaraannya agar tidak menimbulkan polusi.

"Kendaraan yang menimbulkan polusi tak hanya berdampak besar terhadap lingkungan, tetapi juga berpotensi mengancam nyawa. Untuk itu, saya berharap kegiatan uji emisi gratis lebih gencar dilaksanakan hingga empat kali dalam setahun." Jelas Riswandar.

Pada pengujian ini, pada mobil berbahan bakar bensin dibagi dalam dua kategori khusus, yaitu mobil dengan tahun produksi di bawah 2007 dan di atas 2007. Mobil tahun produksi di bawah 2007 wajib memiliki kadar CO2 di bawah 3%, sedangkan yang di atas 2007 kadar CO2-nya tidak boleh lebih dari 1.5%.

Sementara kategori lain berlaku untuk mobil diesel dengan bobot kendaraan 3.5 ton. Jenis mobil diesel ini dibagi berdasarkan tahun produksi yakni diatas dan dibawah 2010. Mobil diesel tahun produksi di atas 2010 wajib memiliki kadar opasitas 40% sedangkan yang di bawah 2010 kadar opasitasnya tidak boleh lebih dari 50%. ( Mery )

Related

regional 1251029026103213238

Opini Coach Addie

Hakikat Rasa Sakit

Keputusan yang bijak adalah mengasah kebijaksanaan dalam menghadapi setiap lelah, rasa sakit, gelisah, kesedihan, luka lara, patah hati, dan...


Banyak Dibaca

item