Gawai Dayak Ketapang Pempagok Jeramek, Begini Pesan Sekda Ketapang

Pesan Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang saat Hadiri Gawai Dayak Pempagok Jeramek

BORNEO NUSANTARA NEWS - Ketapang, Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo, S.STP., M.Si., menghadiri kegiatan Gawai Adat Dayak Pempagok Jeramek di dusun Nekdoyan, Desa Laman Satong Kec. Matan Hilir Utara, Sabtu (20/8).

Sekda mengatakan, untuk tradisi Pempagok Jeramek ini jangan sampai ditinggalkan bahkan mungkin ada tradisi leluhur kita orang tua kita zaman dulu yang rutin itu harus kita laksanakan kembali.

"Misalnya gawai buah atau bersenggayong dan lain sebagainya. Selain kita meneruskan tradisi leluhur itu juga bisa menjadi daya tarik untuk wisata budaya karena merupakan suatu yang unik yang hanya ada di daerah kita," ujar Wilyo.

Sekda berpesan kepada masyarakat adat setempat jangan pernah malu akan adat istiadat budaya tradisi orang tua atau leluhur kita dan kita harus bangga.

Selanjutnya sekda juga mengatakan betapa pentingnya pendidikan. Oleh karena itu, supaya masyarakat adat di Desa Laman Satong mendukung penuh anak-anak untuk bersekolah setinggi-tingginya minimal tingkat SMA. Kalau bisa melanjutkan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi sarjana.

"Karena apa, supaya kita mampu bersaing dengan orang yang sudah lebih maju dan supaya tidak terlalu jauh kesenjangan, harus sehat, dan Jauhi dari Narkoba," ujar sekda.  (ZN)

Related

regional 2901494277360697263

Opini Coach Addie

Hakikat Rasa Sakit

Keputusan yang bijak adalah mengasah kebijaksanaan dalam menghadapi setiap lelah, rasa sakit, gelisah, kesedihan, luka lara, patah hati, dan...


Banyak Dibaca

item