Pencari Kerja Harus Siap Tatap 2030, Profesional Life Coach : Beberapa Pekerjaan Akan Hilang di Masa Itu

Pencari Kerja Harus Siap Tatap 2030, Profesional Life Coach : Beberapa Pekerjaan Akan Hilang di Masa Itu


BORNEO NUSANTARA NEWS - Profesional Life Coach, Adi Supriadi, M.M menyampaikan kepada komunitas binaannya Generasi Milenial Indonesia (GMI) bahwa apapun yang terjadi generasi milenial harus siap menghadapi era full digital di tahun 2030. 

Sebagaimana sering disampaikannya juga dalam setiap Webinar Wawasan Digital Prenuer memperkirakan pada tahun 2030, Aktivitas di Indonesia sudah mencapai 85% sampai 90% Digital. Karena kondisi tersebut, karir di beberapa pekerjaan yang melibatkan unsur manusia akan mati. Jadi, milenial tidak lagi melirik pekerjaan ini melainkan mencoba hal-hal yang berkaitan dengan digital.  

Tak dapat dipungkiri kehadiran teknologi memang memiliki andil yang sangat besar dalam mempermudah aktivitas manusia. Coach Addie sapaan akrabnya bahkan menyampaikan, akan ada beberapa pekerjaan yang kemungkinan akan tidak lagi menggunakan manusia, tetapi sudah menggunakan teknologi digital di tahun 2030.

“Selama ini kita banyak kampanye tranformasi usaha dari offline menjadi online atau digital. Perlu dikampanyekan juga atau disampaikan kepada generasi milenial dan generasi Z saat ini bahwa bukan saja usaha melainkan karir dan pekerjaan akan bertransformasi ke digital,” ungkap Direktur Eksekutif Asosasi Praktisi Human Resource Indonesia (ASPHRI) kepada media, Jumat (8/7).

Coach Addie pekerjaan yang kemungkinan besar akan diganti dengan robot adalah Barista. Sudah banyak penemuan teknologi robot untuk mengocek jenis kopi yang dibutuhkan oleh pelanggan, pekerjaan sejenis adalah chef dan koki.  

Pekerjaan kedua yang akan hilang dan yang berkarir dipekerjaan ini akan mati, yaitu Entry data atau tenaga Administrasi. Sejatinya, membuat surat, mengarsipkan surat sudah bisa dilakukan robot karena bisa dibuatkan sistemnya. 

Di masa berikutnya pekerjaan yang akan hilang adalah driver, karena saat inipun sudah banyak kendaraan di negara maju menggunakan driver robot. Cukup menggunakan sistem digital, dipadu dengan robot serta aplikasi Mapp, maka mobil bisa menyetir dirinya sendiri untuk mengantarkan penumpang, bahkan kendaraan tersebut bisa membaca lampu lalu lintas dan bisa memarkir sendiri. 

Pekerjaan lainnya yang akan hilang dan akan digantikan dengan Teknologi digital adalah Bidang Pertanian, Peternakan dan Pengembangbiakan Ikan, Udang dll. Saat ini saja di Indonesia sudah banyak star up yang bergerak di bidang tambak dengan sistem digital, kapan memberi makan, kapan panen sudah terjadwal dengan digital. 

Bahkan uniknya orang yang menggeluti dunia digital, seperti konten kreator, Sosial Media Manajemen pun secara otomatis akan digantikan oleh digital atau robot.

Jadi, Semua semakin berubah. Jika Generasi Milenial dan Generasi Z ingin berkompetisi dimulai tahun 2030 mendatang, perlu dipersiapkan skil-skil khusus yang berkaitan dengan Era Digital dan Era Robot, Atau kembali ke Desa-desa yang semuanya masih serba tradisional dan manual agar bisa membangun desa dengan kemampuan digital.

“Intinya, Masih ada kurang lebih 8 tahun dari sekarang untuk mempersiapkan diri, Selamat mempersiapkan skill-skill khusus di era Digital dan Robot tersebut” Cetus Adi Supriadi mengakhiri penyampaiannya. (AS)

Related

regional 4463518135992784818

Opini Coach Addie

Hakikat Rasa Sakit

Keputusan yang bijak adalah mengasah kebijaksanaan dalam menghadapi setiap lelah, rasa sakit, gelisah, kesedihan, luka lara, patah hati, dan...


Banyak Dibaca

item