Penangkapan Pelaku Laporan Palsu Curanmor KR2 yang Terjadi di Polsek Lawang Kidul

Penangkapan Pelaku Laporan Palsu Curanmor KR2 yang Terjadi di Polsek Lawang Kidul

Borneo Nusantara News - Tanjung Enim, Bertempat di Mapolres Muara Enim, Sumatera Selatan,Kasi.Humas Mapolres Muara Enim Keluarkan Press Rilis penangkapan dan pengungkapan kasus laporan palsu pencurian kendaraan roda dua sebagaimana yang dimaksud dalam pasal 242 KUHP dan atau 220 KUHP dengan tersangka DS Bin Samsudin (24 Tahun) pekerjaan sopir yang beralamat tempat tinggal di Desa Tegal Rejo RT 006 RW 002, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim., Sumatera Selatan pada Sabtu (28/05).


Kronologi kejadian pada hari selasa tanggal 17 Mei 2022 sekira pukul 20.00 wib, telah terjadi peristiwa laporan palsu. bermula pada saat Ds 24 tahun) melaporkan kejadian telah kehilangan satu unit sepeda motor honda beat dengan No rangka : MH1JM9125NK179364 dan No Mesin : JM91E2178378 Atas Nama Dodi Supriyadi ke Polsek Lawang Kidul.DS menjelaskan bahwa satu unit sepeda motor honda beat miliknya telah hilang di lokasi parkiran sepeda motor bedeng obak Desa Lingga Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara.


Baca Juga: Kepala UPTD Persampahan Tanjung Enim, Dedi Elyadi, S.H. Turun Langsung Memimpin Bersih Lingkungan


Setelah dilakukan penyelidikan oleh Tim Lakid Polsek Lawang Kidul terkait laporan tersebut, didapati bahwa motor tersebut tidak hilang, melainkan telah di gadaikan oleh tersangka kepada Jamil warga yang beralamat di Barak Lestari Tanjung Enim.


Karena atas pelaporan laporan palsu pencurian kendaraan bermotor roda dua oleh R. Simanjuntak (39 Tahun) sebagai anggota Polri di Mapolsek Lawang Kidul di perkuat dengan keterangan para saksi Arie Wibowo (35 Tahun), Rahmad Fadly (22 Tahun) sebagai anggota Polri yang bertugas di Mapolsek Lawang Kidul,dan Bambang Gunawan Bin Poniman (31 Tahun) pekerjaan Buruh Harian yang beralamat tempat tinggal di Desa Tegal Rejo RT 006 RW 002 Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim.


Pada Hari Jumat Tanggal 27 Mei 2022 Sekira Pukul 17.00 Wib Kapolsek Lawang Kidul IPTU Yogie Sugama Hasyim STK., SIK mendapat informasi keberadaan pelaku. Lalu, Kapolsek Lawang Kidul memerintahkan Ps. Kanit Reskrim Polsek Lawang Kidul Aiptu GUNTUR, SH. dan Tim Lakid Polsek Lawang Kidul untuk melakukan penyelidikan dan penangkapan terhadap pelaku. Setelah sampai di pasar Pagi Kelurahan Pasar Tanjung Enim Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim, Tim Lakid melihat pelaku sedang berada di pasar. Tim Lakid melakukan Penangkapan dan mengamankan pelaku tanpa perlawanan. Pelaku dibawa ke Mapolsek Lawang Kidul untuk dilakukan pemeriksaan dan pelaku mengakui perbuatanya.


Baca Juga: JSIT Kalbar Adakan Seminar Pendidikan Mewujudkan Sekolah Bermutu


Adapun barang bukti yang turut diamankan antara lain :

a. Satu unit Motor Honda Beat Warna Coklat dengan No Rangka : MH1JM9125NK179364 dan No Mesin JM91E2178378 Atas Nama Dodi Supriyadi

b. Satu Lembar Laporan Polisi Model B dengan Nomor : LP / B - 28 / V / 2022 / SUMSEL / POLRES MUARA ENIM / POLSEK LAWANG KIDUL, Tanggal 17 Mei 2022 tentang Tindak Pidana Pencurian Sepeda Motor sebagaimana dimaksud dalam Pasal 363 KUHP.

c. Satu Lembar Surat keterangan dari lesing OTO finance


Karena atas perbuatan tersangka  melakukan perbuatan pidana membuat laporan palsu atas pencurian kendaraan bermotor roda dua,tersangka di ancam dengan hukuman penjara selama 7 penjara, sebagaimana maksud dari pasal Pasal yg diterap kan pasal 266 atau 242 atau 220 KUHAP. (Mery R)

Related

regional 5977886538915206250

Opini Coach Addie

Hakikat Rasa Sakit

Keputusan yang bijak adalah mengasah kebijaksanaan dalam menghadapi setiap lelah, rasa sakit, gelisah, kesedihan, luka lara, patah hati, dan...


Banyak Dibaca

item