Nasib Miris ASN Aceh Timur, Korban PHP Tukin Jilid II

Borneo Nusantara News - Aceh Timur - Sejak pernah diberitakan beberapa bulan yang lalu disalah satu media online, tentang sedihnya nasib ASN Aceh Timur yang sampai hari ini korban PHP Tunjangan kinerja ternyata sampai hari ini masih berjalan.

Borneo nusantara news
Nasib Miris ASN Aceh Timur


Pemerintah kabupaten Aceh Timur terus semakin gencar menegakkan disiplin pegawai negeri sipil di Aceh Timur demi tercapainya pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Aceh Timur yang terkenal dengan sebutan Aceh Timur Bereh. Hal tersebut dilakukan dengan meningkatkan absensi mulai dari sistem sidik jari menjadi scan wajah atau sidik wajah.


Salah seorang ASN Aceh Timur mengatakan saat dikonfirmasi oleh awak media pada Kamis (3/2)


"Penegakan disiplin bagi aparatur negara adalah sebuah kewajaran dan kewajiban bagi kami aparatur sipil negara. Tetapi, hak kami juga tolong diperhatikan, jangan seperti sapi, susu diperas tapi tak diberi vitamin hanya diberi makan saja. Mana mungkin sapi tersebut menghasilkan susu terbaiknya."


Sejak penghapusan tunjangan jabatan, tunjangan insentif dan uang minum yang digantikan menjadi tukin alias tunjangan kinerja, malah membuat kami semakin kehilangan hak yang harus kami miliki setiap bulannya.


Hari ini seluruh ASN Aceh Timur selalu menjadi korban Penantian harapan palsu (PHP).


"Bila pemerintah kabupaten Aceh Timur belum mampu menerapkan sistem tunjangan dalam bentuk tunjangan kinerja lebih baik kembalikan saja tunjangan kinerja ASN ke sistem semula, yaitu berupa tunjangan jabatan, isentif dan uang minum. Jangan seperti pepatah mengatakan, mengharapkan air hujan, air ditempayan dibuang. Padahal hujan belum jelas datang," ujarnya.


Pantauan wartawan media, kebeberapa instansi di Aceh Timur, semua ASN mengucapkan hal yang sama bila dikonfirmasi terkait tunjangan kinerja yang merupakan hak bagi mereka.


Informasi yang didapat, pada tahun 2021, ASN Aceh Timur hanya mendapatkan tiga bulan penuh tunjangan kinerja mereka. Lalu kemudian dibayar tiga bulan lagi tetapi yang dibayarkan hanya setengah dari tunjangan mereka. Sisanya enam bulan lagi sampai hari ini belum terbayarkan. Entah menjadi gelap atau dirapel pada tahun ini.


Kini tahun 2022 sudah memasuki medio bulan kedua di tahun 2022. Tetapi bayangan tunjangan kinerja bagi ASN, sampai hari ini belum terlihat jelas. Bahkan isu kapan dicairkan juga belum terdengar kabar anginnya. Padahal pemerintah Kabupaten Aceh Timur hanya tinggal menghitung bulan sebelum berakhirnya sisa masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Aceh Timur periode 2017-2022.


Kita berharap dalam tatanan pemerintahan ada balance terhadap apa yang diterapkan. Disiplin sebuah instansi harga mati untuk mencapai kinerja yang baik dan benar bagi sebuah aparatur pemerintahan disuatu daerah. Tetapi hak aparatur pemerintah yang sudah diatur oleh peraturan pemerintah pusat juga perlu diperhatikan agar tercapai balancing antara hak dan kewajiban.


Legislatif selain mewakili suara rakyat Anda juga berhak mengetahui bajetin aparatur pemerintah di suatu daerah agar kans Anda sebagai pengontrol, perencana dan pengesahan disuatu daerah berjalan dengan baik dan benar. Jangan bersuara hanya untuk kepentingan politik dan saat mau habis masa jabatan saja. Kasihan nasib ASN, bila dibiarkan bukan tidak mungkin akan menurunkan prestasi kinerja para ASN walaupun setiap hari digenjot dan ditekan. Untuk itu ayo sama-sama antara eksekutif dan legislatif mencari penyelesaian yang sudah berlarut-larut sepertinya. (Sri)

Related

regional 5879787832214933185

Opini Coach Addie

Hakikat Rasa Sakit

Keputusan yang bijak adalah mengasah kebijaksanaan dalam menghadapi setiap lelah, rasa sakit, gelisah, kesedihan, luka lara, patah hati, dan...


Banyak Dibaca

item