Kiat Memilih Karyawan yang Efektif Menurut CEO Coach Addie Group

Borneo Nusantara News - Karyawan adalah Aset Penting dalam menjalankan Perusahaan, tentunya tidak bisa mengajak sembarang orang untuk bergabung dalam usaha. Berdasarkan Pengalaman CEO Coach Addie Group, Adi Supriadi, MM yang juga pernah menjadi Praktisi HR Di Perusahaan Multinasional menyatakan pernah melakukan 1000 Interview dan hanya dapat 2 orang yang cocok untuk mengisi posisi yang dibutuhkan padahal kala itu setidaknya diperlukan 25 karyawan baru.

Kiat Memilih Karyawan yang Efektif Menurut CEO Coach Addie Group


Walaupun Karyawan adalah Asset untuk kemajuan Perusahaan, ternyata tidak semua karyawan mudah didapatkan sesuai dengan kreteria yang dibutuhkan perusahaan.


Di bawah ini Tips Memilih Karyawan Menurut CEO Coach Addie Group

Karena hal ini, kami akan melakukan wawancara dengan Adi Supriadi, MM yang akrab dipanggil Coach Addie, founder sekaligus CEO Coach Addie Group yang selama ini gencar melakukan kampanye Lulusan Sekolah Siap Berguna (LSSB). Lantas, apa saja yang wajib dipertimbangkan ketika kita memilih Karyawan? 


1. Temukan Karyawan yang berbeda Bakatnya 


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Karyawan adalah Aset mahal Perusahaan yang berguna untuk memajukan usaha dan bisnis, tentunya perlu bakat-bakat unik dan tidak umum atau tidak rata-rata untuk bisa direktur menjadi tim kerja. 


“Penting untuk menghindari Calon Karyawan yang rata-rata atau tidak memiliki bakat unit, terlebih dunia begitu cepat berubah sehingga perlu talenta yang berinovasi dan kreatifitas yang tinggi” ujar Adi. 


Sebagai sosok yang sering berkecimpung dalam memilih kandidat berbakat, Adi lebih memilih menginterview langsung kandidat, tanpa harus memperhatikan CV dan lamaran kerja, terkadang lamaran kerja tidak bagus ternyata kandidat tersebut unik, sedangkan lamaran dan CV nya keren tetapi aktualnya dalam interview tidak bagus sama sekali.


2. Jangan Merekrut Karyawan Karena Titipan


Bagi Anda yang memiliki usaha sendiri tentunya memilih kandidat tim kerja yang siap tempur adalah suatu kewajiban. Karyawan jenis ini akan mempermudah Anda jika Anda selaku pemilik usaha harus banyak meninggalkan kantor dan tidak bisa mengontrol langsung karyawan Anda. Anda harus bisa menemukan karyawan yang benar-benar bisa jadi Pejuang, Pemimpin sekaligus Prajurit, punya kemandirian dalam menjalankan tugas dan mengerti kapan harus laporan dan detail dalam memberikan laporannya. Karyawan jenis ini sangat sulit didapatkan jika Kandidat tersebut adalah titipan teman, titipan saudara, titipan Dinas, DPRD dll.


Jadi, usahakan untuk memulai bisnis Anda dapatkan tim yang betul-betul kemana arah perjuangan usaha Anda tersebut.


3. Pilih Karyawan yang mampu Meningkatkan Branding Usaha Anda


Semenjak Covid-19 merebak, kebanyakan dari kita lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, sehingga harus bisa memiliki tim yang bekerja dari rumah dan tangguh dalam menghadapi kondisi ini.


Walaupun hanya di rumah saja, tentunya usaha harus tetap jalan, tidak boleh mati. Temukan tim kerja atau karyawan yang mentalnya merasa memiliki perusahaan Anda, sehingga dia berjuang untuk terus membranding bisnis Anda walau tanpa harus Anda perintahkan karena dia mencintai usaha tempatnya bekerja.


“Terlalu banyak keluhan Business Owner kepada Saya, Tim Kerja atau Karyawannya hanya bekerja asal-asalan selama Pandemi, target dibuat tetapi saat tidak tercapai menyalahkan kondisi pandemi yang terjadi, tidak ada rasa memiliki usaha, tidak memiliki tanggungjawab lebih bagaimana membuat usaha yang dijalankan menjadi milik bersama, bukan hanya milik Business Owner” ujar Pria di balik PT Coach Addie Group ini.


4. Pilih Karyawan yang Anda Menyukainya


Selain nyaman pemilihan karyawan didsasarkan Anda memang menyukai karrakternya, ataua apapun alasan yang membuat Anda suka terhadapnya sangat penting untuk membuat Anda bisa dengan mudah membangun rasa aman, nyaman dalam membagi pekerjaan Anda kepada tim kerja atau Karyawan Anda.


“Coach Addie Group hadir untuk membantu Business Owner dalam memetakan karyawannya, menyeleksi dan menempatkan sesuai karakter, bakat, minat individu untuk hasil kerja yang lebih produktif, Bahkan Kami juga saat ini sedang membantu salah seorang Business Owner di Jogjakarta bukan sekedar maping karyawan tetapi maping bisnisnya, melakukan riset pasar dan melakukan riset terhadap perjalanan bisnisnya dan menggali apa yang masih mungkin untuk dilakukan dan apa yang membuat usahanya tidak berjalan dengan baik, itu terlihat dari omzet yang tidak naik dari bulan ke bulannya sedangkan biaya operasional tetap harus dibayarkan, Maping ini penting agar Perusahaan bisa sehat untuk bergerak lebih maju lagi.“ Jelas Pria yang memiliki memberikan Coaching Counseling ini.


Nah, itu tadi adalah sejumlah kiat untuk memilih Karyawan yang Efektif bagi Pebisnis yang baru mulai berbsinis atau Perusahaan Keluarga.Jika Anda penasaran dengan Jasa dan Layanan PT Coach Addie Group, Anda bisa berkunjung ke akun IG @coachaddie.official atau ke Websitenya : www.coachaddie.id


Related

artikel 6558571405026117754

Opini Coach Addie

Hakikat Rasa Sakit

Keputusan yang bijak adalah mengasah kebijaksanaan dalam menghadapi setiap lelah, rasa sakit, gelisah, kesedihan, luka lara, patah hati, dan...

Banyak Dibaca

Kapolsek Kahayan Kuala


item