Pengenalan Kurikulum Prototype dan Penyusunan Dokumen Kurikulum 2013 Pendidikan Kesetaraan di Kabupaten Ketapang

BorneoNusantaraNews.Com - Ketapang - Kegiatan IHT merupakan salah satu program kerja dari FK PKBM Kabupaten Ketapang tahun 2022. PKBM menu...

BorneoNusantaraNews.Com - Ketapang - Kegiatan IHT merupakan salah satu program kerja dari FK PKBM Kabupaten Ketapang tahun 2022.


PKBM menunjukan nilai-nilai yang harus selalu menjiwai seluruh kegiatan PKBM. Untuk membangun PKBM yang baik, maka harus juga diperkuat karakter PKBM. Tanpa memilik karakter PKBM akan sulit bertahan dan berkembang dengan baik dalam mencapai tujuannya. Setidaknya ada tujuh karakter yang harus dimiliki dan dikembangkan dalam suatu PKBM.

www.borneonusantaranews.com


Tujuh karakter tersebut di antaranya, kepedulian terhadap yang lebih berkekurangan. Kemandirian dalam penyelenggaraan, kebersamaan dalam kemajuan, kebermaknaan di setiap program dan kegiatan, kemitraan dengan semua pihak yang ingin berpartisipasi, dan berkontribusi, fleksibilitas program dan penyelenggara, serta pembaharuan diri yang terus menerus.


PKBM Kabupaten Ketapang wajib memiliki parameter jika ingin PKBM-nya maju. Tentu adanya partisipasi masyarakat, manfaat bagi masyarakat, mutu dan relevensi program, kemandirian, dan keberlanjutan lembaga.


PKBM yang ada di Kabupaten Ketapang berjumlah 19 termasuk SPNK Negeri SKB yang tersebar di 11 kecamatan dari 20 kecamatan yang ada di Kabupaten Ketapang. Jumlah peserta didik per 31 desember 2021, Paket A berjumlah 190 orang, Paket B berjumlah 815 orang,  dan paket C berjumlah 1.818 orang. Total keseluruhannya berjumlah 2.823. Total tersebut bukan merupakan jumlah sedikit dan jika PKBM menelusuri lebih dipastikan peserta didik bisa menjadi dua kali lipat  dari yang ada.

www.borneonusantaranews.com


PKBM ini turut membantu program kabupaten ketapang melalui pendidikan non formal dan meningkatkan IPM kabupaten ketapang. Selain itu, PKBM juga membantu pemerintah untuk mengatasi pemberantasan buta aksara.


Tahun 2022 ini FK PKBM memiliki target untuk mencetak UMKM yang handal melalui program PKW, yaitu 150 peserta dan juga program PKK dengan target 200 peserta. Tujuannya ini semua merupakan wujud kami menyukseskan visi dan misi Bupati Ketapang, yaitu melanjutkan Ketapang maju menuju masyarakat sejahtera, pembangunan sumber daya manusia yang memiliki daya saing.


Harapan ketua PKBM, Pemerintah bisa mensupport dari kegiatan kami baik secara moril maupun materil demi terwujudnya program-program yang akan kami laksanakan di tahun 2022 ini.


Dalam kegiatan ini dihadiri direktorat pendidikan masyarakat dan pendidikan khusus koordinator fungsi kesetaraan Bapak Drs.fauzi eko pranyono, Kepala dinas pendidikan Bapak Dr.ucup supriatna, anggota DPRD provinsi Kalbar Yuliana Aloh dan kepala bidang dan pemilik, Wakil bupati ketapang H Farhan, SE, M.Si sebagai pembuka acara peresmian tersebut. (HM)

Related

regional 2021876670539837620

Opini Coach Addie

Hakikat Rasa Sakit

Keputusan yang bijak adalah mengasah kebijaksanaan dalam menghadapi setiap lelah, rasa sakit, gelisah, kesedihan, luka lara, patah hati, dan...


Kapolres Barito Selatan & Jajaran

Kapolres Barito Selatan & Jajaran
Klik gambar untuk menonton

Kadis PUPRPKP Kapuas

Kadis PUPRPKP Kapuas
Klik gambar menonton video

PJ Bupati Kab Kapuas

PJ Bupati Kab Kapuas
Klik Gambar untuk Menonton

Banyak Dibaca

Kapolsek Kahayan Kuala


item