Siap Kawal Pemilu Serentak, Polres Barito Selatan Gelar Bimtek dan Simulasi Pengamanan TPS

Siap Kawal Pemilu Serentak, Polres Barito Selatan Gelar Bimtek dan Simulasi Pengamanan TPS

Borneo Nusantara News - Barito Selatan, Polres Barito Selatan (Barsel), Polda Kalteng, Sabtu (11/11/2023) pagi, bertempat di halaman Mako Satsamapta, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) dan simulasi pengamanan pemungutan suara di TPS dalam rangka Kesiapan pengaman Pemilu serentak Tahun 2024 mendatang.

Kegiatan ini dipimpin langsung Kapolres Barsel AKBP Yusfandi Usman, S.I.K., M.I.K. dengan melibatkan komisioner dari KPU dan Bawaslu sekaligus memberikan bimtek terkait rangkaian pencoblosan suara.

Kapolres AKBP Yusfandi menyampaikan bahwa kegiatan tersebut digelar guna terus mematangkan kesiapan pengamanan rangkaian Pemilu serentak termasuk saat hari pencoblosan.

"Memilih dan dipilih merupakan hak yang harus dijamin sebagai hak konstitusional warga negara Indonesia. Kita terapkan dalam kegiatan TPS ini yang mana merupakan sarana awal untuk menyampaikan hak setiap warga negara dan diperlukannya pengamanan demi menjaga kelancaran selama pemungutan suara berlangsung," imbuhnya.

Ia juga menambahkan simulasi yang dilaksanakan merupakan gambaran realita yang akan terjadi di TPS nantinya dimulai dari tahapan pendaftaran, pendataan, pencoblosan hingga penghitungan hasil suara di TPS.

"Tidak hanya itu dalam simulasi kali ini juga ditampilkan bagaimana mekanisme pengamanan yang dilakukan oleh personel Polres Barsel jika terjadi permasalahan," terangnya.

Kapolres berharap, dengan adanya simulasi yang dilaksanakan dapat memberikan gambaran kepada para personil dalam melaksanakan pengamanan TPS nantinya, sehingga pelaksanan pemilihan dapat berjalan aman dan lancar. (Mirhan)

Related

Mirhan 1309311484602619751

Opini Coach Addie

Hakikat Rasa Sakit

Keputusan yang bijak adalah mengasah kebijaksanaan dalam menghadapi setiap lelah, rasa sakit, gelisah, kesedihan, luka lara, patah hati, dan...

Banyak Dibaca

Kapolsek Kahayan Kuala


item