Untuk Keseimbangan Hayati dan Kelestarian Lingkungan, Forum Cagar Biosfer Betung Kerihun Danau Sentarum Lakukan Pertemuan

Borneo nusantra berita terkini hari ini indonesia

BORNEO NUSANTARA NEWS - Kapuas Hulu, Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat, S.T., menghadiri pertemuan Multi Pihak Forum Cagar Biosfer Betung Kerihun Danau Sentarum Kabupaten Kapuas Hulu di Gedung Bank Kalbar Putussibau, Rabu Pagi (7/9)

Cagar Biosfer merupakan tempat untuk menguji pendekatan interdisipliner memahami dan mengelola perubahan serta interaksi antar sistem untuk ekologi. Hal tersebut termasuk pencegahan konflik dan pengelolaan keanekaragaman hayati. 

Cagar Biosfer juga merupakan tempat memberikan solusi lokal untuk tantangan global. Hal ini perlu dilakukan keseimbangan antara keanekaragaman hayati dan bagaimana menggunakannya dengan mengedepankan kelestarian lingkungan secara berkelanjutan.

"Melalui pertemuan ini, kita dapat memahami apa dan bagaimana konsep cagar biosfer secara utuh. Apa saja yang menjadi tugas dan fungsi dari forum cagar biosfer termasuk bagaimana hubungan antara forum dengan organisasi lainnya seperti MAB, LIPI, Pemerintah Pusat dan lain sebagainya." Jelas wakil bupati Kapuas Hulu.

Wakil Bupati menyampaikan bahwa pentingnya tujuan dari acara ini. 

"Saya harapkan kita dapat mengikuti acara ini secara aktif serta diharapkan masukan-masukan dan saran yang membangun bagi perkembangan Forum Cagar Biosfer Betung Kerihun Danau Sentarum Kapuas Hulu."

"Harapan saya juga menitikberatkan langkah-langkah apa saja yang perlu kita ambil dalam pengelolaan cagar biosfer. Apa perlu adanya perubahan organisasi dalam mempercepat akselarasi dan sruktur. Perlunya penetapan peta jalan (Road Map) dan bagaimana kita membangun komunikasi yang tepat."  terang Wahyudi.

Dalam penutupnya, wabup Kapuas Hulu mengajak untuk berkolaborasi dengan pihak terkait.

"Marilah selalu bekerja sama dan bersinergi dalam pengelolaan Cagar Biosfer Kabupaten Kapuas Hulu agar dapat menjadi modal dasar dalam pembangunan yang berkelanjutan berasaskan kelestarian lingkungan." Tutup Wahyudi (AR)

Related

berita 5755350405987790470

Opini Coach Addie

Hakikat Rasa Sakit

Keputusan yang bijak adalah mengasah kebijaksanaan dalam menghadapi setiap lelah, rasa sakit, gelisah, kesedihan, luka lara, patah hati, dan...


Kapolres Barito Selatan & Jajaran

Kapolres Barito Selatan & Jajaran
Klik gambar untuk menonton

Kadis PUPRPKP Kapuas

Kadis PUPRPKP Kapuas
Klik gambar menonton video

PJ Bupati Kab Kapuas

PJ Bupati Kab Kapuas
Klik Gambar untuk Menonton

Banyak Dibaca

Kapolsek Kahayan Kuala


item