Bupati Kayong Utara Berharap UMKM Mudah Mendapatkan Izin dari Dinas Terkait

Borneo nusantara news

BORNEO NUSANTARA NEWS - Kayong Utara, Bupati Kayong Utara mendorong supaya UMKM mudah mendapatkam izin dari dinas terkait dengan bantuan HIPMI saat acara Penerbitan Perizinan Berusaha UMK di Aula Istana Rakyat, Sukadana (5/9)

Bupati Kayong Utara, Citra Duani, menyampaikan bahwasannya mereka harus berkoordinasi pada dinas terkait untuk mendapat izin.

"Masih banyak kecamatan yang belum mendapatkan izin, supaya nanti mereka bisa berkoordinasi dengan HIPMI serta Dinas Penanaman Modal dan DMPPTSP, supaya semua mendapatkan perlakuan yang sama untuk mendapatkan izin," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Citra juga menghimbau bahwasannya HIPMI harus melakukan pendataan atau mapping untuk pelaku UMKM agar terdata.

"HIPMI harus melakukan pendataan atau mapping untuk pelaku UMKM supaya terdata, kemudian dilakukan pembinaan serta pemerintah turun untuk mengecek setiap pelaku usaha, sehingga apa yang menjadi kendala para pelaku UMKM akan dicarikan solusinya," tukas Citra.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Kayong Utara, Citra Duani juga menyampaikan untuk permodalan para pelaku UMKM harus memiliki izin dan syarat lengkap.

"Untuk permodalan mereka harus memiliki izin dan syarat lengkap agar para pelaku UMKM bisa melakukan pinjaman KUR. Kemudian untuk pemasaran, Citra juga menghimbau kepada pelaku UMKM bahwasannya mereka harus mecari jaringan.

"Untuk pemasaran juga mereka harus mencari jaringan ataupun relasi yang bisa mengakses melalui online," ungkapnya.

Selanjutnya Pemerintah Daerah sebagai regulator, fasilitator, dan motivator, akan terus menjangkau sampai ke Desa-Desa, sehingga pelaku UMKM di Kabupaten Kayong Utara bisa terangkat dan memiliki daya saing," tutup Bupati Kayong Utara, Citra Duani. (Santo)

Related

regional 7783796551530066734

Opini Coach Addie

Hakikat Rasa Sakit

Keputusan yang bijak adalah mengasah kebijaksanaan dalam menghadapi setiap lelah, rasa sakit, gelisah, kesedihan, luka lara, patah hati, dan...


Banyak Dibaca

item