Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim dr Eni Zatila, MKM didampingi Camat Lawang Kidul Andrelli Martin Buka Launching Bulan Imunisasi Anak Nasional

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim dr Eni Zatila, MKM didampingi Camat Lawang Kidul Andrelli Martin Buka Launching Bulan Imunisasi Anak Nasional


Borneo Nusantara News - Muara Enim, Launching bulan imunisasi anak nasional lansung diresmikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim dr Eni Zatila, MKM didampingi Camat Lawang Kidul Andrelli Martin dan kepala UPTD. Puskesmas Tanjung Enim bertempat di Puskesmas Tanjung Enim Kabupaten Muara Enim pada Selasa (24/05).


Hal tersebut disampaikan camat Lawang kidul Andrille Martin saat ditemui usai Launching mengatakan, Imunisasi ini sangat bermanfaat dan berguna bagi anak usia 9 bulan sampai dibawah 12 tahun. Dalam rangka untuk membuat kekebalan bagi anak-anak untuk mengurangi resiko kematian.

"Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa data beberapa tahun terakhir menunjukkan terjadinya penurunan cakupan imunisasi rutin, baik itu imunisasi dasar maupun imunisasi lanjutan,” kata Andrille.


Dengan dicanangkannya  kembali imunisasi anak secara nasional, tak terkecuali di Kecamatan Lawang Kidul,Andrelli Martin berharap  kepada para orangtua dan semua sekolah agar mengimbau anak-anaknya yang berusia 9 bulan sampai dibawah 12 tahun untuk melaksanakan imunisasi ini sebaik-baiknya.



"Dengan dilaksanakan imunisasi ini, anak-anak Indonesia bertambah sehat sebagai harapan bangsa sehingga menjadi anak yang cerdas," demikian ungkapnya. 


Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim dr Eni Zatila, MKM menyampaikan bahwa imunisasi ini merupakan imunisasi tambahan daripada imunisasi dasar lengkap. Tujuannya adalah pertama untuk mencegah terjadinya kejadian luar biasa akibat penyakit-penyakit yang dapat dicegah imunisasi.


Kemudian kedua untuk mempercepat eliminasi campak, kita harapkan akan segera bebas campak. Melalui imunisasi ini kita percepat eliminasi campak.



“Kemudian yang ketiga adalah untuk menurunkan angka kesakitan, menurunkan angka kecacatan dan menurunkan angka kematian terutama bagi anak-anak,”


Jumlah sasaran vaksin di kabupaten Muara Enim sebanyak 87 ribu anak, dan di Kecamatan Lawang Kidul sekitar 14 ribuan. Tenaga kesehatan yang terlibat adalah seluruh tenaga kesehatan Puskesmas, bidan desa, serta kader Posyandu. Namun menurut Erni, untuk mensukseskan kegiatan vaksin ini, pihaknya tidak bisa sendiri. Akan tetapi dukungan Tripika, dan perusahaan  sangat di harapkan.


"Efek Pandemi telah menurunkan angka capaian vaksin secara nasional yang bisa diatasi 92 persen, turun hingga 89 persen. Kedepan, dukungan Tripika, PKK, hingga posyandu, mudah-mudahan capaian vaksin bisa 100 persen sampai dengan Agustus nanti," kata Erni.

Ia pun mengharapkan Kecamatan Lawang Kidul bisa menjadi percontohan di tingkat Kabupaten Muara Enim dengan program Bulan Imunisasi Anak Nasional ini.


Tampak hadir Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim dr Eni Zatila MKM,  Unsur Tripika Kecamatan Lawang Kidul, TP PKK, hadir Camat Andrille Martine SE, perwakilan  CSR PT  Bukit  Asam ,CSR PT PAMA (Mery R)

Related

regional 5730788700270919660

Terpopuler

item