Diduga Pemotongan Upah, Karyawan Lakukan Demo di Kantor PT Sawit Mitra Abadi Nanga Tayap

Diduga Pemotongan Upah, Karyawan Lakukan Demo di Kantor PT Sawit Mitra Abadi Nanga Tayap


Borneo Nusantara News - Nanga Tayap, Terjadi demonstrasi di PT Sawit Mitra Abadi, Dusun Telok Keramat, Desa Pangkalan Telok, Kec Nanga Tayap pada Selasa (10/5)


Karyawan beramai-ramai datang kantor Perusahaan untuk menuntut kekurangan HK (upah) mereka.  Hal tersebut diduga terjadi akibat kesengajaan pihak management melakukan pemotongan upah sepihak terhadap karyawan.


Diduga penerapan aturan sepihak, yaitu pengutipan berondol wajib empat belas karung per orang tanpa memperdulikan kondisi lapangan. Jika tidak terpenuhi sebanyak empat belas karung, maka akan dilakukan pemotongan terhadap upah yang diterima setiap bulannya.


Karyawan berpendapat aturan tersebut sangat merugikan mereka karena tidak setiap blok bekas panen terdapat banyak berondolan. Menurut keterangan karyawan walau sudah keliling sampai lima gawangan sawit (-+ 5ha) target 14 karung belum tercapai dan masih saja dilakukan pemotongan. 


Perusahaan Sawit Mitra Abadi seringkali menerapkan aturan yang merugikan karyawan dan aturan tersebut kerap dibuat secara sepihak tanpa meminta masukan dari karyawan atau serikat buruh/pekerja yang ada. (Jailani/Wapimred)

Related

regional 4796888668542350142

Opini Coach Addie

Hakikat Rasa Sakit

Keputusan yang bijak adalah mengasah kebijaksanaan dalam menghadapi setiap lelah, rasa sakit, gelisah, kesedihan, luka lara, patah hati, dan...


Banyak Dibaca

item