Anggota Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 144/JY Menghadiri Ritual Adat Setelah Panen Padi di Perbatasan

Anggota Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 144/JY Menghadiri Ritual Adat Setelah Panen Padi di Perbatasan


Borneo Nusantara News - Desa Tajum, Anggota Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 144/JY Menghadiri Ritual Adat Setelah Panen Padi darat di desa Tajum Kecamatan Badau Kabupaten Kapuas Hulu Kalbar.


Hal ini disampaikan Dansatgas Pamtas Letkol Inf Andri Suratman dalam keterangan tertulisnya di Pos Kotis Jumat (20/05).


Setelah melaksanakan Panen Padi darat kebiasaan warga Dayak iban melakukan tradisi Ritual Adat dengan cara potong ayam dan masak bersama yang dihadiri oleh para tokoh adat dan warga sekitar dilaksanakan di pinggir hutan.


Kegiatan ini di hadiri oleh anggota Satgas Pos Seriang,serta ritual ini juga memaknai berbagai makna terutama dalam membangun moralitas serta meningkatkan jiwa persatuan dan kesatuan dalam keberagaman di perbatasan.


Dikatakannya Pak Anis selaku kepala desa, "setelah melaksanakan Panen Padi semuanya warga Dayak kebiasaan nya melaksanakan ritual adat di pinggir hutan, merupakan ritual rasa syukur kepada Tuhan serta roh leluhur,kami mengucapkan terima kasih banyak atas kehadiran bapak satgas yang telah menghadiri acara adat Dayak syukuran ini", pungkasnya.


Serka Jumali beserta tiga rekannya, "Keanekaragaman suku budaya adat istiadat yang ada di perbatasan harus kita lestarikan,ini merupakan kegiatan yang unik dan menarik yang dilakukan oleh warga Dayak setelah melaksanakan Panen Padi darat secara serentak khusus nya di wilayah Tajum", imbuhnya.


Keanekaragaman budaya bagian yang tak bisa dipisahkan dalam kehidupan manusia di dunia, dari budaya inilah lahir peradaban besar manusia. (Firman)



Related

regional 7640955693454309221

Opini Coach Addie

Hakikat Rasa Sakit

Keputusan yang bijak adalah mengasah kebijaksanaan dalam menghadapi setiap lelah, rasa sakit, gelisah, kesedihan, luka lara, patah hati, dan...


Banyak Dibaca

item