Keutamaan Sahur dan Berbuka Selama Berpuasa

Borneo Nusantara News - Ketika berpuasa ada ibadah yang disunahkan untuk dilakukan selama bulan Ramadhan. Dua ibadah sunah yang utama di antara ibadah sunnah lainnya selama berpuasa adalah sahur dan berbuka puasa.


Keutamaan Sahur dan Berbuka Selama Berpuasa


Sahur merupakan ibadah sunnah menyantap hidangan di malam hari sebelum menjelang waktu imsak. Kegiatan ini merupakan keringanan bagi umat Rasulullah SAW di mana umat terdahulu tidak terdapat sahur di dalamnya hanya berbuka satu kali kemudian lanjut berpuasa.


Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa ingin berpuasa, maka hendaklah dia bersahur.” (HR. Ahmad)


Sahur bertujuan menjaga kebutuhan jasmani kita selama berpuasa seharian penuh tetap terjaga sehingga aktivitas fisik kita selama berpuasa tetap optimal sebagaimana hari lainnya di luar bulan Ramadhan.


“Makan Sahurlah kalian karena sesungguhnya di dalam sahur itu terdapat berkah.” (HR. Bukhari)


Menyegerakan berbuka puasa disunahkan untuk membatalkan proses menahan diri dari terbit fajar hingga terbenam matahari dari hal-hal yang dilarang selama berpuasa.


Dengan menyegerakan berbuka menghindarkan kita dari berbuat zalim kepada tubuh kita yang sudah tidak makan dan minum selama seharian penuh kekurangan asupan gizi dan mineral.


Berdasarkan penjelasan hadis yang dinukil dari kitab Taisīr al-‘Allām Syarh ‘Umdah al-Aḥkām karya ‘Abd Allāh ibn ‘Abd al-Raḥmān al-Bassām, Rasulullah SAW bersabda:

“Dari Sahl bin Sa’ad As-Sa’idi Radiallahu ‘anhuma, Rasulullah SAW bersabda, “Manusia  senantiasa dalam kebaikan selagi mereka menyegerakan berbuka puasa.”


Dari sahur dan menyegerakan berbuka dapat kita petik hikmahnya bahwa Allah tidaklah mempersulit umatnya dalam melaksanakan ibadah justru memudahkannya sehingga ringan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.


Wallahu a’lam bish shawab.

Related

lifestyle 5733836603811835374



Opini Coach Addie

Hakikat Rasa Sakit

Keputusan yang bijak adalah mengasah kebijaksanaan dalam menghadapi setiap lelah, rasa sakit, gelisah, kesedihan, luka lara, patah hati, dan...

Kapolres Barito Selatan & Jajaran

Kapolres Barito Selatan & Jajaran
Klik gambar untuk menonton

Kadis PUPRPKP Kapuas

Kadis PUPRPKP Kapuas
Klik gambar menonton video

PJ Bupati Kab Kapuas

PJ Bupati Kab Kapuas
Klik Gambar untuk Menonton

Banyak Dibaca

Kapolsek Kahayan Kuala


item