Usai Raker, BMI Ketapang Target Distribusikan Beras Sebanyak 5 Ton Per Bulan

Borneonusantaranews.com - Ketapang, Baitulmaal Munzalan Indonesia (BMI) cabang Ketapang sukses adakan kegiatan rapat kerja  (raker) perdana dalam rangka mengevaluasi berjalannya program kegiatan selama satu tahun terakhir tahun 2021 di hotel Grand Zuri Ketapang. BMI merencanakan program jangka menengah di semester pertama awal tahun selama enam bulan ke depan di tahun 2022 berupa target distribusi beras 5 ton perbulan, Selasa(1/2/2022)


Borneo Nusantara News
BMI Ketapang Target Distribusikan Beras Sebanyak 5 Ton Per Bulan - borneonusantaranews.com


BMI Cabang Ketapang yang baru saja diresmikan pada tanggal 11 Desember 2021 memiliki program sosial unggulan bernama Gerakan Infak Beras (GIB). Pogram tersebut telah berjalan kurang lebih selama tiga tahun terakhir di kota Ketapang.


Selama tiga tahun terakhir  Gerakan Infak Beras Ketapang di dominasi oleh para anak muda yang tergabung dalam komunitas dakwah amal sosial bernama PASKAS (Pasukan Amal Sholeh). Para relawan santri PASKAS Ketapang selama menjalankan program dakwahnya senantiasa berkolaborasi dengan berbagai organisasi, komunitas motor, komunitas olahraga, instansi pemerintah, kelompok pengajian, kepolisian, para tokoh dll.


Dalam waktu yang relatif singkat, setiap bulannya berhasil mengumpulkan donasi melalui transfer rekening atau jemput donasi langsung ke rumah-rumah oleh para paskas ke berbagai donatur atau yang biasa di sebut Orang Tua Asuh (OTA). Setiap bulan terkumpul donasi rata-rata sebanyak 25-30 juta.


Dari hasil pengumpulan infak tersebut langsung disalurkan tiap bulan dalam bentuk beras ke berbagai pondok pesantren, santri penghafal alquran, sahabat yatim diberbagai panti, dan beberapa hamba Allah istimewa di sepanjang pesisir pantai sungai awan di Kecamatan Muara Pawan hingga ujung selatan desa Pesaguan di Kecamatan Matan Hilir Selatan. 


Dalam sesi wawancara, disadari oleh Branch Manager BMI Cabang Ketapang, Bang Edy Karnaen bahwa jumlah ini  memang masih sangat jauh dari pada target yang dibutuhkan. Setidaknya untuk mencukupi seluruh kebutuhan santri utamanya yang ada di Kab. Ketapang diperlukan beras sebanyak 15 ton beras sesuai data yang dihimpun. Namun, saat ini baru terhimpun kurang lebih sejumlah 2 ton. Oleh karena itu, di tahun 2022 Baitulmaal Munzalan Indonesia Cabang Ketapang menargetkan dapat menaikan tonase setidaknya diangka 5 ton agar dapat memberikan kebermanfaatan yang lebih luas di Ketapang. 


Baitulmaal Munzalan Indonesia Cabang Ketapang yang beralamat di Jalan Wahid Hasyim No. 43A Ketapang merupakan salah satu perpanjangan dari lembaga amal sosial yang berpusat di Kota Pontianak atau lebih tepatnya berada di kawasan Jalan Sungai Raya Dalam, Gang Imanudin komplek Masjid Kapal Munzalan, Kab. Kubu Raya.


Saat ini Masjid Kapal Munzalan memiliki lebih dari 20 cabang lembaga resmi berbentuk Baitul Maal di seluruh Indonesia serta lebih dari 100 cabang PASKAS (Pasukan Amal Sholeh) yang menggerakkan Program Gerakan Infak Beras di berbagai kota di tanah air. (red)

Related

regional 2194630665184206440

Opini Coach Addie

Hakikat Rasa Sakit

Keputusan yang bijak adalah mengasah kebijaksanaan dalam menghadapi setiap lelah, rasa sakit, gelisah, kesedihan, luka lara, patah hati, dan...


Banyak Dibaca

item