Kata dan Kalimat ini Haram Diucapkan dalam Doa

Borneo Nusantara News - Di dalam Al Quran, Allah perintahkan kepada kita sebagai hambaNya untuk memohon dan berdoa kepada-Nya. Apapun yang kita minta, Allah pasti akan kabulkan seperti yang terdapat dalam Quran Surat Al Mumin ayat 60, Allah berfirman, "Berdoalah kepada-Ku, pasti akan Aku kabulkan."

Kata dan Kalimat ini Haram Diucapkan dalam Doa


Selain daripada adab-adab berdoa yang harus kita patuhi agar doa kita dikabulkan oleh Allah SWT. Ternyata ada juga larangan berupa kalimat-kalimat yang tidak boleh diucapkan ketika kita sedang berdoa.


Kalimat ini jelas dilarang oleh Allah dan Rasulullah. Akan tetapi masih banyak yang mengucapkannya ketika berdoa. Bahkan sebagian orang menganggap bahwa kalimat ini sangat baik. Jika kita lihat sepintas kalimat ini dirasa tidak ada yang salah. Namun, kalimat ini sangat dilarang diucapkan ketika tengah memohon kepada Allah SWT.


Melalui Rasulullah SAW, Allah SWT menyampaikan bahwa kalimat ini tidak disukai-Nya saat diucapkan pada waktu berdoa dan meminta kepada-Nya. Hal itu dikarenakan kalimat ini terkesan menghina Allah.


Dilansir Borneonusantaranews.com dari kanal YouTube Berbagi Ilmu pada video berjudul "Jangan pernah terucap! kalimat ini dilarang diucapkan ketika berdoa," kalimat yang dilarang diucapkan saat tengah berdoa adalah "Jika Engkau berkenan."


Kalimat tersebut ternyata dinilai mengandung makna penghinaan kepada Allah. Mengucapkan kalimat "Jika Engkau berkenan," sama dengan menganggap Allah tidak akan mengampuni atau merahmati hambanya.


Sebagaimana disebutkan dalam hadist riwayat Bukhari, "Apabila salah seorang dari kalian berdoa, hendaklah sungguh-sungguh dalam memohon dan janganlah ia mengucapkan, "Ya Allah jika Engkau berkenan maka berilah aku." Karena sesunnguhnya tidak ada yang dapat memaksa-Nya."


Kalimat tersebut bertentangan dengan sifat Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Di dalam hadist Qudsi dijelaskan, rasa sayang Allah kepada hamba-Nya mendahului murka-Nya, sehingga Allah lebih suka menyayangi dan mengampuni hamba-Nya.


Saat berdoa, yakinlah bahwa Allah akan mengabulkan segala apapun yang kita minta. (ADISUPRIADI/BNN)

Related

artikel 8078912787581362438

Opini Coach Addie

Hakikat Rasa Sakit

Keputusan yang bijak adalah mengasah kebijaksanaan dalam menghadapi setiap lelah, rasa sakit, gelisah, kesedihan, luka lara, patah hati, dan...


Kapolres Barito Selatan & Jajaran

Kapolres Barito Selatan & Jajaran
Klik gambar untuk menonton

Kadis PUPRPKP Kapuas

Kadis PUPRPKP Kapuas
Klik gambar menonton video

PJ Bupati Kab Kapuas

PJ Bupati Kab Kapuas
Klik Gambar untuk Menonton

Banyak Dibaca

Kapolsek Kahayan Kuala


item