Tidak Tampil di Piala AFF U-23, Inilah Daftar Pemain yang Gagal Jalani Debutnya

Borneo Nusantara News - Kegagalan Timnas Indonesia U-23 tampil di Piala AFF U-23 2022 mengubur mimpi sejumlah pemain untuk mencatatkan debutnya bersama Skuad Garuda Muda.

Tidak Tampil di Piala AFF U-23, Inilah Daftar Pemain yang Gagal Jalani Debutnya


Kabar mengejutkan datang dari Timnas Indonesia U-23, yang memutuskan untuk mundur dari Piala AFF U-23 2022, jelang keberangkatan tim ke Kamboja negara tuan rumah yang menghelat ajang dua tahunan ini.


Kepastian tersebut disampaikan langsung oleh Sekjen PSSI, Yunus Nusi, dilaman resmi federasi, Jumat (11/02/22) pagi WIB.


"Dengan sangat menyesal, kami harus membatalkan keikutsertaan Indonesia di Piala AFF U-23 karena alasan di atas," tuturnya.


"Kami meminta maaf kepada semua pihak karena situasi ini di luar kendali kami. Saat ini kami fokus untuk penyembuhan pemain yang terkena covid-19 dan yang mengalami cedera," ujar Yunus.


PSSI menyatakan tujuh pemain yang positif Covid-19 adalah Ronaldo Kwateh, Muhammad Ferrari, Braif Fatari, Taufik Hidayat, Irfan Jauhari, Ahmad Figo Ramadhani, dan Cahya Supriyadi.


Empat pemain lainnya dianggap suspek karena beraada satu kamar dengan mereka yang terpapar Covid-19. Mereka adalah Alfeandra Dewangga, Genta Alparedo, Muhammad Kanu Helmiawan, dan Marcelino Ferdinan.


Sementara tiga pemain yang mengalami cedera adalah Gunansar Mandowen, Ramai Rumakiek, dan Muhammad Iqbal. Mereka disebut cedera setelah membela klubnya masing-masing di ajang BRI Liga 1.


Timnas U-23 disebut juga hanya satu penjaga gawang, yaitu Muhammad Riyandi, yang negatif Covid-19. Akan tetapi Riyandi juga tak dalam kondisi prima karena baru saja menjalani karantina selama 10 hari.


Lebih lanjut, Yunus Nusi menyebut keputusan ini atas usulan pelatih Shin-Tae-yong. Sebelumnya, pria asal Korea Selatan itu juga sudah menyebut kondisi tim sangat buruk ketika rapat dengan Menpora Zainudin Amali, Kamis (10/02/22) kemarin.


Timnas Indonesia U-23 sendiri tergabung di Grup B Piala AFF U-23 bersama Malaysia, Myanmar dan Kamboja. Skuat Garuda Muda sendiri dijagokan menjadi juara Piala AFF U-23 2022.


Atas mundurnya Timnas Indonesia U-23 dari ajang Piala AFF U-23 2022, sejumlah pemain harus menunda laga debut mereka bersama Skuad Garuda Muda.


Shin Tae-yong sendiri memanggil 29 pemain untuk memperkuat Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 sebelum batal berangkat. Dari nama-nama yang dipanggil terdapat sejumlah pemain muka baru.


Bahkan delapan di antaranya merupakan debutan. Sayangnya delapan pemain tersebut harus menunda mimpi mereka tampil bersama Timnas Indonesia U-23 di ajang resmi untuk pertama kalinya, akibat kegagalan ini.


Mereka di antaranya adalah M. Adi Satryo, Cahya Supriadi, Achmad Figo, Bagas Kaffa, Kakang Rudianto, Muhammad Ferrari, M. Iqbal dan Irfan Jauhari.


Akan tetapi dari delapan nama yang baru bergabung ke Timnas Indonesia U-23 itu, terdapat satu pemain yang sudah mencatatkan caps bersama Timnas Indonesia yaitu bek Arema FC, Achmad Figo.


Kesempatan itu diperoleh Figo saat timnas Indonesia melawan Timor Leste dalam FIFA Matchday pada Kamis (27/1/2022) lalu.


Batalnya Timnas Indonesia U-23 tampil di Piala AFF U-23 dimanfaatkan oleh pelatih Shin Tae-yong untuk melakukan pemulihan kesehatan anak asuhnya, agar tampil prima di agenda selanjutnya yakni SEA Games 2021 Vietnam bulan Mei mendatang. (ADISUPRIADI/BNN)


Related

berita 7231377944010491306

Opini Coach Addie

Hakikat Rasa Sakit

Keputusan yang bijak adalah mengasah kebijaksanaan dalam menghadapi setiap lelah, rasa sakit, gelisah, kesedihan, luka lara, patah hati, dan...


Banyak Dibaca

item